Vocal Technique, voice exercises, Vocal lessons, singing lessons, pitching, singing, vocal range, vocalist, olah vocal, les vocal, latihan menyanyi, belajar nyanyi, latihan vocal, latihan pernafasan, diafragma, vocalis, menghindari fals, pita suara, nada fals, vibrato.

Saturday, April 12, 2008

Tips Olah Vocal

Banyak kan diantara teman2 yang ingin belajar olah vocal ato kepingin bisa nyanyi..? Nah, disini saya ada sedikit tips yang saya dapet dari orang2 yang berpengalaman dibidang vocal.

untuk memulai latihan vokal yang baik itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan;

1. Relax.
Seluruh badan mulai dari kepala sampai ujung kaki harus diberi latihan supaya santai.
Misal:
ambil napas pelan-pelan, lalu hembuskan. Diulang terus dengan teratur.
Bisa juga pada saat menghembuskan badan kamu bungkukkan badan (kayak posisi rukuk waktu sholat, tapi kepala nggak lihat ke depan, tapi ke bawah (bahkan agak ngeliat ke belakang lewat kolong kedua kaki), juntaikan tangan ke bawah. Digoyangkan biar relax. (posisi kedua telapak kaki lurus ke depan dengan jarak sejengkal di antara keduanya.
Lalu perlahan-lahan naik, angkat badan kamu, tapi tumpu kekuatan lewat punggung. Jadi kamu akan ngerasa kalau tulang belakang kamu itu perlahan-lahan naik ke atas ngikutin badanmu yang ikut tegak. Selama proses itu kamu bernapas dengan teratur. (Kalau ada temanmu, dia bisa memijat punggung sembari badanmu naik menuju posisi tegak.

Itu sangat membantu proses relaksasi.

2. Latih bagian rahang dengan huruf-huruf vokal dan konsonan. Ingat, rahang harus relaks.

A I U E O

latihan diafraghma:

huruf K-Ch-K-ch-sssst-th. dengan tempo cepat.
ho-ho-ho...ha-ha-ha

Lalu latihan wilayah nasal (hidung):
"nya-nya-nya" dengan benar-benar menekankan suara cempreng dari hidung.

Lalu latihan bibir
nyanyikan tangga nada dengan bibir terkatup jadi bunyinya bakal
"brrrrr-brrrr-brrr-brrr"
nyanyikan tangga nada, arpeggio, secara staccato (patah) maupun legato.

Latihan lidah
"La-la-la. ra ra ra, tatata."

(biar ga bosen bisa sekalian latih semuanya pakai tangga nada, arpeggio.)

3. Setelah sudah relaks, kamu baru boleh nyanyi.
Ketika nyanyi, harus konsentrasi dengan target nada. Napas harus teratur dan kontrol power dengan baik.


Intinya sih klo latihan tuh harus banyak minum,, Biar gak kering...

5 comments:

Anonymous said...

Thanks Ya bro... Bagus neh buat latihan

Anonymous said...

iya lah,,intinya itu harus banyak minum air,,tp jgn kbanyakan jg y ka,,,ntar g konsen olah vokalnya...sibuk kblakang trus ntarnya..hihihi...
btw tnx y ka...

Holy said...

Waaa.... postingannya sangat bermanfaat buat saya nih. Saya seneng nyanyi, tapi orang bilang suara saya cempreng. Apa bisa dilatih biar gak cempreng, ya Pak? Ataukah itu memang karakter suara saya?

Anonymous said...

Mau nanya brow.aq klo nyanyi kt orang powernya kenceng.tp krn emang bukan penyanyi jd cmn nyanyi sebait dua bait.perna nyoba nyanyi full suatu lagu yg banya nada tingginya.1-2 mnt awal g papa.tp ko lama2 suara gw pecah ya??trus idung gw jg jadi rada2 bindeng.itu knapa ya.brhubungan g ya am nafas gw yg pendek.thx 4 the answer

NidjiHolicZone said...

ini suara gw ilang padahal mnurut tmen band gw bagus sih<<<bknnya sombong maaf tau2 gk kuat suara tinggi,,
itu gmana ya apa ini cobaan nya ya??

Vote Untuk Blog Ini

Top Blogs